PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA: STUDI KOMPARASI BERDASARKAN DEMOGRAFI

Penulis

  • M. Fahli Zatrahadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nada Andini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik

Abstrak

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Self Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik berdasarkan demografi responden (gender, Angkatan, Fakultas, Penghasilan Orangtua, dan Suku). Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa (laki-laki = 54; perempuan = 46), individu yang menjadi sampel penelitian ini adalah mahasiswa dengan fakultas yang bervariasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen Self Efficacy (10 item) dan Prokrastinasi Akademik (10 item), realiabilitas instrument Self Efficacy sebesar (.92) pada kategori sangat baik dan realiabilitas instrument Prokrastinasi Akademik (.88) pada kategori sangat baik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan perangkat lunak SPSS 2.7 dan Rasch Model. Hasil dan Temuan : Temuan pada penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik berdasarkan jenis kelamin, angkatan, fakultas, peghasilan orangtua, dan suku. Kesimpulan dan Implikasi: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy dan prokrastinasi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor psikologis, tetapi juga oleh berbagai faktor demografi. Institusi pendidikan perlu melibatkan berbagai pendekatan, mulai dari pelatihan keterampilan hingga dukungan psikologis dan finansial, untuk membantu mahasiswa meningkatkan self-efficacy mereka dan mengurangi tingkat prokrastinasi

Objective: This study aims to see the effect of Self Efficacy on Academic Procrastination based on respondent demographics (gender, class, faculty, parental income, and ethnicity). Research Method: The type of quantitative descriptive research, the sample in this study amounted to 100 students (male = 54; female = 46), the individuals who became the sample of this study were students with various faculties. The instruments in this study were the Self Efficacy instrument (10 items) and Academic Procrastination (10 items), the reliability of the Self Efficacy instrument was (.92) in the very good category and the reliability of the Academic Procrastination instrument (.88) in the very good category. The data were analyzed using descriptive analysis with the help of SPSS 2.7 software and the Rasch Model. Results and Findings: The findings in the study showed that there were significant differences in the variables of Self Efficacy and Academic Procrastination based on gender, class, faculty, parental income, and ethnicity. Conclusion and Implications: The results of this study indicate that the level of self-efficacy and procrastination are not only influenced by psychological factors, but also by various demographic factors. Educational institutions need to involve various approaches, ranging from skills training to psychological and financial support, to help students improve their self-efficacy and reduce procrastination levels.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30