HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERKULIAH SAMBIL BEKERJA DI KOTA SALATIGA

Penulis

  • Angel Indrawati Intan Wiyoso Universitas Kristen  Satya Wacana
  • Dewita Karema Sarajar Universitas Kristen  Satya Wacana

Kata Kunci:

Dukungan Sosial, Prestasi Belajar, Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja

Abstrak

Penelitian ini mengkaji hubungan antara dukungan sosial dan prestasi belajar pada mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional untuk melihat keterkaitan antara kedua variabel tersebut. Sampel terdiri dari 76 mahasiswa di universitas di Salatiga yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala dukungan sosial (13 item valid) dan skala prestasi belajar (14 item valid) dengan skala Likert. Koefisien reliabilitas (α) untuk dukungan sosial adalah 0,987 dan untuk prestasi belajar 0,978. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara dukungan sosial dan prestasi belajar (r = 0,809, p < 0,000). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial yang diterima mahasiswa yang bekerja, semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Temuan tambahan menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial dan prestasi belajar pada mahasiswa yang bekerja cenderung berada pada kategori sedang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31