PENGARUH WAKTU PEMBERIAN PENGHARGAAN TERHADAP MOTIVASI INSTRINSIK ANAK

Penulis

  • Azizah Meihana Universitas Negeri Padang
  • Vinnatha Syella Jd Universitas Negeri Padang
  • Aulia Samiana Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Noval Andrian Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Reward/Penghargaan, motivasi instrinsik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward animasi terhadap motivasi belajar intrinsik siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas 5 SDN 06 Kampung Lapai yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan model nonequivalent control group design. Dalam desain ini, satu kelompok siswa diberikan tes awal (pre test), kemudian diberikan perlakuan berupa reward animasi, dan setelah itu diberikan tes akhir (post test). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket untuk memperoleh data mengenai pemberian reward dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward animasi secara signifikan meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemberian reward animasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat menggunakan reward animasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30