KUALITAS KERJA TIM PADA PRODUKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA
Kata Kunci:
Kualitas Kerja Tim, Produktivitas Belajar Mahasiswa, Efektivitas Belajar MahasiswaAbstrak
Team work is the process of individuals or groups of people working together to achieve the same goal or complete a certain task. In teamwork, team members interact, collaborate, and support each other to achieve the desired results. Teamwork involves dividing tasks, coordinating activities, effective communication, and managing conflicts that may arise. It also involves the application of interpersonal skills, such as listening, empathy, trust, and cooperation. The goal of teamwork is to increase efficiency, productivity and quality of final results, due to the synergy between contributing team members with different skills and experiences. The purpose of this research is to find out the relationship between teamwork and student learning productivity. To improve team performance in completing tasks given during lectures, so that team work is better if used to achieve team goals. Learning productivity is a measure of a person's efficiency and effectiveness in acquiring new knowledge, skills and understanding through the learning process. It includes how well a person uses their time, resources, and energy to achieve set learning goals. Learning productivity can be seen from various points of view, including progress in achieving learning goals, the quality of understanding and application of material, and the level of success in overcoming learning challenges. In other words, learning productivity reflects the extent to which someone is able to obtain the desired results from the learning process they carry out. This research was conducted using qualitative methods and data collection techniques using library research. The research results show that work teams can provide excellent improvements in order to achieve the intended goals within a team. Students can see more progress in completing their assignments if they are formed into a work team. Team work makes students more active in learning and at least reduces the feeling of boredom that occurs in every lesson. Passive students can become active if a work team is formed. Many students have said that they have had a very positive impact on their learning activities if they were formed using a work team model.
Kerja tim adalah proses individu atau sekelompok orang yang bekerja bersama agar tergapai suatu tujuan yang sama atau menuntaskan suatu tugas tertentu. Dalam kerja tim, anggota tim saling berinteraksi, berkolaborasi, dan saling mendukung satu sama lain untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kerja tim melibatkan pembagian tugas, koordinasi aktivitas, komunikasi yang efektif, serta pengelolaan konflik yang mungkin timbul. Hal ini juga melibatkan penerapan keterampilan interpersonal, seperti kemampuan mendengarkan, empati, kepercayaan, dan kerjasama. Tujuan dari kerja tim adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hasil akhir, karena adanya sinergi antara anggota tim yang berkontribusi dengan keahlian dan pengalaman yang berbeda. Adanya penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui hubungan antara kerja tim terhadap produktivitas belajar mahasiswa. Untuk meningkatan kinerja tim dalam menuntaskan tugas yang diberikan pada saat perkuliahan, sehingga kerja tim lebih baik jika digunakan untuk mencapai tujuan bersama tim. Produktivitas belajar adalah ukuran efisiensi dan efektivitas seseorang dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman baru melalui proses pembelajaran. Ini mencakup seberapa baik seseorang menggunakan waktu, sumber daya, dan energi mereka untuk mencapai tujuan belajar yang ditetapkan. Produktivitas belajar dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, termasuk kemajuan dalam mencapai tujuan pembelajaran, kualitas pemahaman dan penerapan materi, serta tingkat kesuksesan dalam mengatasi tantangan pembelajaran. Dengan kata lain, produktivitas belajar mencerminkan sejauh mana seseorang mampu memperoleh hasil yang diinginkan dari proses pembelajaran yang mereka lakukan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan studi pustaka (library research). Hasil penelitian mengemukakan bahwa tim kerja dapat membrikan peningkatan yang sangat baik demi mencapai tujuan yang dituju dalam suatu tim. Mahasiswa lebih terlihat progresnya dalam menyelesaikan tugasnya jika mereka dibentuk dengan tim kerja. Tim kerja membuat mahasiswa semakin aktif dalam belajar dan setidaknya mengurangi rasa bosan yang ada di setiap pemebelajaran. Mahasiswa yang pasif dapat menjadi aktif jika dibentuk tim kerja. Telah banyak mahasiswa yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan dampak yang sangat positif dalam kegiatan belajar mereka jika dibentuk dengan model tim kerja.