PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN ADIKSI ONLINE GACHA GAME PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

Penulis

  • Gabriel Valentine Lie Universitas Kristen Satya Wacana
  • Christiana Hari Soetjiningsih Universitas Kristen Satya Wacana

Kata Kunci:

Psychological Well-Being, Adiksi Online Gacha Game, Mahasiswa

Abstrak

Online gacha games are one of the most widely played online game genres by students, including Satya Wacana Christian University students who play a lot of online gacha games and even become addicted. Addiction to online gacha games in Satya Wacana Christian University students is influenced by the level of low student PWB as a result of academic stress experienced by Satya Wacana Christian University students. This study aims to determine the relationship between PWB and online gacha game addiction in 30 Satya Wacana Christian University students who play online gacha games for approximately 4 hours a day. This research was conducted using quantitative methods with a correlational design.  The instruments used in this study are Ryff's Psychological Well-being Scale and Game Addiction Scale For Adolescents. The result of the study is that there is a significant negative relationship between PWB and online gacha game addiction in Satya Wacana Christian University students where these results are the same as the results of previous studies which show a significant relationship between PWB and online gacha game addiction online. The results of this study indicate that if there is future research on the same topic in order to increase the number of research participants so that it is expected to get more valid and different results from this study.

Online gacha games merupakan salah satu genre game online yang paling banyak dimainkan oleh mahasiswa tak terkecuali pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana yang banyak memainkan online gacha games bahkan hingga menjadi adiksi. Adiksi online gacha games pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana tidak lain dipengaruhi oleh tingkat dari PWB mahasiswa yang rendah sebagai akibat dari stres akademik yang dialami oleh mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara PWB dan adiksi online gacha game online pada pada 30 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana yang bermain online gacha game selama kurang lebih 4 jam dalam sehari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ryff’s Psychological Well-being Scale dan Game Addiction Scale For Adolescents. Hasil dari penelitian adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara PWB dengan adiksi online gacha game pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana dimana hasil tersebut sama dengan hasil dari penelitian terdahulu yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara PWB dengan adiksi online gacha game online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jika terdapat penelitian mendatang dengan topik yang sama agar dapat memperbanyak jumlah dari partisipan penelitian sehingga diharapkan dapat mendapatkan hasil yang lebih valid dan berbeda dari penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30