MENGINTEGRASIKAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM KONSELING SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SISWA

Penulis

  • Dwi Cantika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mochamad Fajar D Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yulita Kurniawaty Asra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Amirah Diniaty Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pendekatan Humanistik, Konseling, Kesejahteraan, Siswa

Abstrak

Siswa yang memiliki tingkat kesejahteraan yang baik cenderung menunjukkan kinerja akademik yang lebih baik, kemampuan sosial yang lebih kuat, serta daya tahan yang lebih tinggi terhadap tekanan dan tantangan dalam kehidupan sekolah. Tinjauan pustaka ini membuktikan konseling sekolah memainkan peran penting sebagai salah satu upaya untuk mendukung kesejahteraan siswa secara holistik. Konsep kesejahteraan siswa menjadi fokus utama dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah karena berkaitan erat dengan perkembangan optimal potensi akademik, sosial, dan emosional mereka. Pendekatan humanistik dalam konseling, yang berfokus pada pemahaman individu secara mendalam, penghargaan terhadap potensi manusia, serta penekanan pada hubungan empatik antara konselor dan klien, menjadi relevan untuk diterapkan dalam konseling sekolah. Salah satu diantaranya pendekatan Client Centered Therapy (CCT). Pendekatan CCT ini sering dipilih karena dinilai mampu membuat siswa lebih mandiri dalam penyelesaian masalah, karena tujuan akhir dari keberhasilan sebuah pendidikan secara umum dan program bimbingan dan konseling secara khusus ialah saat siswa mampu mengembangkan dirinya dengan maksimal dan juga mampu merencanakan masa depannya. HasilĀ  penelitian dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa pendekatan humanistik dapat diintegrasikan secara efektif dalam praktik konseling sekolah, serta dampaknya terhadap peningkatan kesejahteraan siswa.

Students with good levels of well-being tend to show better academic performance, stronger social skills, and higher resilience to stress and challenges in school life. This literature review proves that school counseling plays an important role as an effort to support student well-being holistically. The concept of student well-being is the main focus in guidance and counseling services in schools because it is closely related to the optimal development of their academic, social, and emotional potential. The humanistic approach in counseling, which focuses on a deep understanding of the individual, appreciation of human potential, and an emphasis on the empathetic relationship between counselor and client, is relevant to be applied in school counseling. One of them is the Client Centered Therapy (CCT) approach. This CCT approach is often chosen because it is considered capable of making students more independent in solving problems, because the ultimate goal of the success of education in general and guidance and counseling programs in particular is when students are able to develop themselves optimally and are also able to plan their future. The results of the study in the journal show that the humanistic approach can be effectively integrated into school counseling practices, as well as its impact on improving student well-being.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30