PERAN MODELING DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU: PERSPEKTIF SOSIAL BELAJAR (ALBERT BANDURA)
Kata Kunci:
Modeling, Teori Belajar Sosial, Pembentukan PerilakuAbstrak
Modeling adalah salah satu komponen utama dalam teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura. Konsep ini menekankan bahwa individu belajar melalui pengamatan terhadap perilaku orang lain, baik model langsung maupun model simbolik. Proses modeling melibatkan empat tahap utama: perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi. Artikel ini membahas peran modeling dalam pembentukan perilaku serta aplikasinya dalam berbagai konteks, seperti pendidikan, pengasuhan anak, media, organisasi, dan intervensi psikologis. Dalam pendidikan, guru bertindak sebagai model langsung yang membentuk perilaku akademik dan sosial siswa. Dalam pengasuhan, orang tua berperan sebagai model utama yang mentransfer nilai dan norma kepada anak-anak. Media, sebagai model simbolik, memiliki pengaruh besar dalam membentuk perilaku masyarakat melalui tokoh-tokoh yang ditampilkan. Selain itu, pemimpin organisasi dapat menjadi teladan dalam menanamkan budaya kerja yang positif. Dalam intervensi psikologis, modeling digunakan untuk melatih keterampilan sosial dan mengatasi perilaku maladaptif. Studi menunjukkan bahwa efektivitas modeling bergantung pada kredibilitas model, relevansi perilaku, dan konsekuensi yang diamati. Pemahaman mendalam tentang peran modeling dapat dimanfaatkan untuk membentuk perilaku positif dan meminimalkan perilaku negatif dalam masyarakat.
Modeling is one of the main components in the theory of social learning developed by Albert Bandura. This concept emphasizes that individuals learn through observation of the behavior of others, both direct models and symbolic models. The modeling process involves four main stages: attention, retention, reproduction, and motivation. This article discusses the role of modeling in the formation of behavior as well as its application in various contexts, such as education, parenting, media, organization, and psychological intervention. In education, teachers act as direct models that shape students' academic and social behavior. In parenting, parents play the role of the main model who transfers values and norms to children. The media, as a symbolic model, has a great influence in shaping people's behavior through the characters displayed. In addition, organizational leaders can be role models in instilling a positive work culture. In psychological interventions, modeling is used to train social skills and overcome maladaptive behavior. Studies show that modeling effectiveness depends on the model's credibility, behavioral relevance, and observed consequences. A deep understanding of the role of modeling can be used to shape positive behaviors and minimize negative behaviors in society.